Download Free FREE High-quality Joomla! Designs • Premium Joomla 3 Templates BIGtheme.net
Home / Tugas Pokok dan Fungsi DKP Badung

Tugas Pokok dan Fungsi DKP Badung

logo kabupaten badung bali

Tugas

Sesuai Peraturan Bupati Badung Nomor 35 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Lembaga Teknis Daerah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung mempunyai tugas :

  1. Menyusun program / rencana kerjaDinas Kebersihan dan Pertamanan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar Bagian/Dinas/Instansi/Badan Kantor/Lembaga terkait sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan  yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Mengkoordinir penyusunan dan perumusan langkah-langkah strategis dan operasional Dinas bersama para Kepala Sub Dinas dan Kepala Sekretaris  dilingkungan Dinas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Merumuskan kebijakan operasional dalam bidang kebersihan dan pertamanan berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
  5. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanankan berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
  6. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai rencana kerja dan ketentuan  peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  8. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokan terhadap petunjuk ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  9. Menyusun rencana kerja kebijakan dibidang kebersihan dan pertamanan dalam rangka penetapan kebijaksanaan oleh Bupati;
  10. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan   dan ketentuan  peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
  11. Membuat laporan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan;
  12. Melaksanakan tugas dinas  lain yang diberikan oleh atasan.

Fungsi

  1. Merumuskan kebijakan operasional dalam bidang Kebersihan dan Pertamanan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku;
  2. Menyusun rencana pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kebersihan dan pertamanan;
  3. Melakukan pengadaan sarana dan prasarana kebersihan dan pertamanan;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

A.    URAIAN TUGAS DINAS KEBERSIHAN DAN    PERTAMANAN KABUPATEN BADUNG

Uraian tugas masing-masing unit organisasi pada Dinas Kebersihan dan PertamananKabupaten Badung sesuai dengan Peraturan Bupati Badung Nomor 35 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas Lembaga Teknis Kabupaten Badung adalah sebagai berikut :

a.    Kepala Dinas mempunyai tugas :

  1. Menyusun program/rencana kerja DinasKebersihan dan Pertamanan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar Bagian/Dinas/Instansi Badan/Kantor/Lembaga terkait sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mengkoordinir penyusunan dan perumusan langka-langkah strategis dan operasional Dinas bersama para Kepala Bidang Dinas dan Sekretaris dilingkungan Dinas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan Peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberian bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidabg tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlakusebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  8. Menyusun rencanan kebijakan dibidang kebersihan dan pertamanan dalam rangka penetapan kebijaksanaan  oleh Bupati;
  9. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  10. Membuat laporan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan sesuai ketentuan yang berlaku;
  11. Melaksanakan tugas Dinas lain yang diberikan oleh atasan.

b.    Sekretariatmempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sekretariatberdasarkan rencana kerja dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Mengkoordinir para Sub Bagian dalam merumuskan program dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku;
  3. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar Bagian/ Dinas/ Instansi/Kantor/Lembaga terkait melalui Kepala Dinas untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas  sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Menyusun dan merumuskan langkah-langkah operasional ketata-usahaan Dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  8. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  9. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana pelaksanaan Sub Bagian Umum dan Program, Sub Bagian Kepegawaian dan Sub Bagian Keuangan;
  10. Menyiapkan bahan dan menyusun program kerja serta petunjuk tata laksana administrasi umum;
  11. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, administrasi kepegawaian, administrasi umum, kerumah tanggaan serta kehumasan;
  12. Menyimpulkan, mensisitemasikan dan menganalisa data hasil pelaksanaan tugas;
  13. Melakukanevaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan  perundang-undangan yang berlaku;
  14. Membuat laporan terhadap pelaksanan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan sesuai ketentuan yang berlaku;
  15. Melaksanaklan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

c.    Bidang Evaluasidan Pengembanganmempunyai tugas :

 

  1. Menyusun rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar Sub Bagian/Kepala Seksi Intern Dinas melalui Sekretaris sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahansesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  7. Menyusun pedoman dan pembinaan pengembangan teknologi dibidang kebersihan dan pertamanan berdasarkan hasil penelitian  dan pengkajian;
  8. Menyusun pedoman dan pembinaan pengembanganterhadap  sumber daya manusia sebagai pelaksana teknis dilapangan agar sesuai dengan peraturan yang berlaku;
  9. Menyusun rencana kegiatan dan penyuluhan dibidang kebersihan dan pertamanan;
  10. Penyelenggaraan informasi data tentang kegiatan operasional Dinas Kebersihan dan Pertamanan;
  11. Melakukan pengendalian, pengawasan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Dinas Kebersihan dan Pertamanan;
  12. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  13. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan sesuai ketentuan yang berlaku;
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

d.    Bidang Peralatan dan Angkutan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar Sub Bagian /Kepala Seksi Intern Dinas melalui Sekretaris sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
  3. Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai keserasian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan
  8. Peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  9. Melaksanaan pengawasan serta pemeliharaan terhadap peralatan dan kendaraan-kendaraan angkuatan;
  10. Mengurus dan menyelesaikan kebutuhan akan angkutan bagi pelaksanaan kebersihan dan pertamanan;
  11. Menyusun perencanaan kebutuhan alat perlengkapan dinas daerah;
  12. Mengatur pembinaan perlengkapan kantor dan perlengkapan teknis kerja serta peralatan;
  13. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  14. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan sesuai ketentuan yang berlaku;
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

e.    BidangPertamananmempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukankoordinasi yang diperlukan antar Sub Bagian /Kepala Seksi Intern Dinas melalui Sekretaris sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai keserasian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  8. Melaksanakan pembibitan dan mengadakan tanaman untuk kepentingan taman dan penghijauan kota;
  9. Melaksanakan penyediaan bibit tanaman bagi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatan penghijauan;
  10. Melakukan perawatan dan pemeliharaan taman patung, monumen, tempat pembibitan, taman, jalur hijau serta taman penghijauan lainnya;
  11. Menyalurkan tanaman untuk keperluan taman dan penghijauan yang dilakukan oleh dinas;
  12. Melakukan pengadaan dan perawatan tanaman hias untuk keperluan dekorasi;
  13. Melaksanakan penghijauan kota,jalur hijau dan aliran sungai;
  14. Mengusahakan pelestarian serta perlindungan nilai-nilai budi daya tanaman khususnya tanaman taman dan penghijauan;
  15. Melakukan pengawasan dan penertiban terhadap penanaman tanaman sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku;
  16. Mengadaan koordinasi dengan instansi lain yang berkaitan dengan masalah penghijauan lingkungan;
  17. Melaksanakan pembangunan taman dan perawatan , peningkatan sarana dan prasarana rekreasi dan olah raga yang dikelola oleh pemerintah daerah;
  18. Memberikan saran dan pertimbangan terhadap pembangunan taman untuk kepentingan instansi, taman rumah tinggal, kantor dan bangunan lainnya milik masyarakat;
  19. Menyelenggarakan dekorasi keindahan kota maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan hari besar nasional maupun hari besar lainnya;
  20. Memberikan saran dan pertimbangan terhadap perijinan penebangan pohon atau perantingan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, perijinan segala bentuk reklame, penempatan perlengkapan maupun ornamen bangunan yang mempengaruhi keindahan kota;
  21. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  22. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan sesuai ketentuan yang berlaku;
  23. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

f.    BidangKebersihanmempunyai tugas :

 

  1. Menyusun rencana kegiatan dibidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukankoordinasi yang diperlukan antar Sub Bagian /Kepala Seksi Intern Dinas melalui Sekretaris sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai keserasian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  8. Melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan tugas kebersihan; melakukan pengumpulan, pengangkutan, pembuangan, pemanfaatan sampah dan pemeliharaan sarana dan prasarana kebersihan;
  9. Melakukan dan mengurus pembuangan air limbah MCK;
  10. Merumuskan metode penanggulangan sampah air limbah MCK;
  11. Melakukan kegiatan rehabilitasi tempat-tempat pembuangan sampah, air limbah MCK;
  12. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  13. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan sesuai ketentuan yang berlaku;
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

g.    UPTD mempunyai tugas :

 

– Kepala UPT Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kecamatan   mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan dibidang kebersihan dan pertamanan berdasarkan program kerja dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas dinas;
  2. Melakukan pelaksanaan program serta memberikan bimbingan dan petunjuk teknis pada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Mengkoordinir kegiatan-kegiatan dibidang kebersihan dan pertamanan pada wilayah kerja UPT;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya untuk dilaksanankan berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan yang berlaku;
  6. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;
  7. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan UPT untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku;
  8. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan tugas UPT sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada dinas;
  9. Melaksanakan tugas lain yang ditugaskanoleh atasan.

 

– Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas :

 

  1. Menyusun program/rencana kegiatan bidang tugasnya berdasarkanrencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugasUPT sesuai dengan ketentuan;
  2. Melakukan koodinasi yang diperlukan dengan kepala UPT  untukkelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun dan merumuskan langkah-langkah operasional ketatausahaan UPT sebagai elaksanaan tugas;
  4. Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan bidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran pelaksanaan tugas;
  5. Melakukan pengawasan dan penilaianterhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  6. Menyiapkan bahan dan menyusun pedoman kerja serta petunjuk tata laksana administrasi pada UPT;
  7. Melakukan pengurusan kegiatan administrasi yang berkaitan pada keperluan UPT;
  8. Melakukan evaliasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan agar sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan;
  9. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada Kepala UPT;
  10. Melaksanakan tugas lain yang ditugaskanoleh atasan.